Sosok Alex Tirta Terlibat dalam Kasus Firli KPK, Menjadi Sorotan

by -82 Views

Beberapa waktu belakangan, sosok Alex Tirta mendapatkan perhatian publik. Hal ini karena Alex terlibat dalam kasus pemerasan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Nama Alex Tirta mencuat setelah diduga sebagai penyewa Rumah Kartanegara Nomor 46, Jakarta, yang juga disewa oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. Firli sedang menjalani pemeriksaan terkait dugaan pemerasan terhadap SYL, sementara SYL sendiri terseret dalam kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengungkapkan bahwa Alex Tirta adalah penyewa rumah tersebut dengan biaya Rp650 juta per tahun. Rumah yang telah dibayarkan Alex tersebut kemudian digunakan oleh Firli.

Alex mengatakan bahwa ia pertama kali bertemu dengan Firli pada tahun 2020. Saat pertemuan tersebut, Firli mengatakan bahwa ia butuh sebuah rumah di Jakarta sebagai tempat istirahat sementara karena rumah pribadinya di Bekasi terlalu jauh untuk pulang pergi.

Keduanya sepakat untuk melanjutkan penyewaan rumah tersebut oleh Firli. Namun, keduanya juga setuju untuk tidak mengubah nama penyewa.

Dalam kesepakatan tersebut, Alex menyewa rumah tersebut dengan biaya Rp650 juta per tahun. Firli akan memberikan uang sewa tersebut kepada Alex, dan Alex akan mengirimkan uang tersebut kepada pemilik rumah.

Selain terlibat dalam kasus ini, Alex Tirta juga dikenal sebagai pengusaha. Ia adalah Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI). Alex juga pernah menjadi pengurus PBSI dan memiliki beberapa tempat usaha seperti hotel, griya pijat, dan tempat hiburan malam di Jakarta.

Salah satu tempat usaha yang dimilikinya adalah Hotel Alexis yang telah tutup sejak tahun 2017. Alex juga pernah berurusan dengan pihak kepolisian terkait perizinan tempat hiburan malam dan gugatan royalti lagu di tempat karaoke miliknya.

Penutupan Hotel Alexis merupakan janji kampanye Gubernur DKI Jakarta saat itu, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20231101104009-92-1018476/profil-dan-sepak-terjang-bisnis-alex-tirta-yang-terseret-rumah-firli