Perang antara Rusia dan Ukraina semakin memanas dengan Putin menembakkan rudal hipersonik

by -93 Views

Rusia melakukan serangan udara ke dua kota utama Ukraina, Kyiv dan Kharkiv, Selasa waktu setempat. Ini terjadi setelah Ukraina melakukan serangan ke kota di dalam wilayah Rusia, Belgorod.

Dalam laporan CNBC International dikutip Rabu (3/1/2024), Angkatan Udara Ukraina memperingatkan adanya rudal-rudal Rusia yang masuk yang menargetkan Kyiv. Mereka mencatat ada kemungkinan terjadi peluncuran berulang rudal balistik hipersonik Kh-47M2 Kinzhal, yang kecepatannya 12.350 km/jam.

“Ledakan terjadi di ibu kota,” kata Walikota Kyiv Vitali Klitschko melalui Telegram pada Selasa seraya menambahkan bahwa pasokan listrik dan pasokan air telah terputus di beberapa wilayah ibu kota.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan jumlah korban tewas akibat serangan-serangan ini mencapai lima orang dan korban luka mencapai 92 orang. Korban tewas tersebut tersebar di Kyiv (empat orang) dan di Kharkiv (satu orang).

Sebelumnya, serangan ini terjadi setelah Ukraina meluncurkan rudal ke Belgorod pada Sabtu lalu. Serangan ini menewaskan sedikitnya 25 orang dan melukai lebih dari 100 orang.

Perang besar-besaran antara Rusia dan Ukraina dimulai sejak 24 Februari 2022 lalu.Putin beralasan bahwa serangan didasarkan pada niatan Kyiv untuk bergabung dengan aliansi militer Barat pimpinan AS, NATO, yang notabenenya merupakan rival dari Moskow.