China Diam-Diam Mengambil Alih Wilayah Negara Ini, Waduh!

by -73 Views

Di tengah ancaman perang dengan Taiwan, China secara diam-diam mencaplok wilayah Kerajaan Bhutan yang berbatasan dengan Himalaya. Laporan media India menunjukkan gambar-gambar satelit yang membuktikan proyek-proyek infrastruktur China mulai menggerogoti wilayah perbatasan di Bhutan utara. Bhutan adalah negara kecil yang hanya berpenduduk 800.000 jiwa dan diperintah oleh monarki konstitusional. China dilaporkan berusaha menguasai lembah Beyul Khenpajong yang memiliki pentingnya budaya. Hal ini akan memberi Beijing keuntungan strategis di kawasan ini dibandingkan saingannya, India.

Media India, NDTV, baru-baru ini menerbitkan gambar satelit yang menunjukkan permukiman luas yang mampu menampung ratusan orang di Bhutan. Lebih dari dua ratus bangunan dengan berbagai ukuran telah diidentifikasi, termasuk bangunan satu lantai dan bertingkat. Pembangunan tiga pemukiman tambahan juga diamati, menunjukkan adanya kehadiran jangka panjang. China ingin mendapatkan keuntungan dibandingkan India karena New Delhi telah lama memandang negara pegunungan tersebut sebagai negara penyangga yang berguna. India pun makin khawatir atas peningkatan kekuatan militer China mengingat kedua negara berbagi perbatasan sepanjang 2.175 mil.

Pada 2017, pasukan China memasuki dataran tinggi Doklam yang diperebutkan di perbatasan antara China, India, dan Bhutan, yang mengakibatkan kebuntuan militer selama 72 hari. Menurut Harsh V. Pant, seorang profesor hubungan internasional di King’s College London, Bhutan merupakan penghalang yang signifikan bagi upaya China untuk memperluas pengaruhnya di Asia Selatan. Pant mengatakan kepada AFP bahwa jika China berhasil membuat perjanjian perbatasan dan hubungan diplomatik yang baik dengan Bhutan, Beijing “dapat mendorong pandangan bahwa India kini terpinggirkan di lingkungan terdekatnya.”