Korban ‘Menggunung’, Biden Cawe-cawe Utusan

by -101 Views

Serangan Israel terhadap Gaza terus berlanjut, dengan akibat 249 warga Palestina tewas dan 510 luka-luka hanya dalam 24 jam akibat serangan beruntun pasukan Israel. Dugaan serangan pesawat tak berawak Israel di Lebanon juga menewaskan seorang komandan senior pasukan elit Radwan Hizbullah. Hal ini terjadi saat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan perjalanan ke wilayah tersebut untuk mencegah pecahnya perang yang lebih luas.

Situasi terkini terkait Gaza, Tepi Barat, dan sekitarnya meliputi korban tewas yang mencapai 23.084 orang, jumlah tentara Israel yang terbunuh sebanyak 173 orang, dan jumlah jurnalis yang tewas sebanyak 85 orang sejak perang Israel-Gaza dimulai pada 7 Oktober.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melanjutkan tur keempatnya di Timur Tengah sejak serangan Hamas pada 7 Oktober. Dia dijadwalkan mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi untuk berbicara dengan para pejabat setempat. Selain itu, Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani, juga mengatakan negara-negara G7 harus mengurangi korban sipil di Gaza dan menekan Israel untuk mengakhiri perangnya di wilayah kantong yang terkepung tersebut.

Selain itu, Ben-Gvir, menteri keamanan nasional garis keras Israel, menegaskan bahwa Israel tidak boleh membatasi serangan di Gaza. Ia juga mengatakan bahwa pembatasan ruang lingkup perang di wilayah tersebut tidak memiliki mandat untuk membawa Israel menuju perang gesekan, yang menimbulkan konflik di antara para politisi dan komandan militer Israel.

Bencana juga terjadi di Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa di mana sebagian besar LSM dievakuasi setelah situasi menjadi tidak aman. Rumah Sakit Al-Aqsa adalah rumah sakit terbesar dan satu-satunya yang berfungsi di Gaza tengah dan merawat sekitar 100 orang yang terluka setiap hari.

Sementara itu, seorang kolega dari organisasi Doctors Without Borders menyebut bahwa situasi di rumah sakit tersebut sangat buruk, dengan adanya peningkatan risiko yang tiba-tiba. Dia juga menyebut bahwa ada garis imajiner dalam jaringan distopia yang menentukan siapa yang berisiko terbunuh dalam waktu dekat.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menegaskan komitmennya terhadap pembentukan negara Palestina yang merdeka, dan memperingatkan bahwa perang Israel-Gaza dapat menyebar ke seluruh wilayah, menyebabkan lebih banyak ketidakamanan dan penderitaan.