Brilianpreneur 2023: Pameran UMKM untuk Meningkatkan Citra Produk Lokal

by -92 Views

Rumah Atsiri Indonesia, produsen aromatic wellness, sukses memperkenalkan produknya melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023. Retail Manager Rumah Atsiri Indonesia, Novita Tyandini, menyatakan bahwa Atsiri dikenal sebagai destinasi wisata di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Namun, melalui BRILIANPRENEUR, Atsiri berhasil memperkenalkan produk aromatic wellnessnya kepada masyarakat luas.

Novita juga mengungkapkan bahwa melalui proses kurasi BRILIANPRENEUR, manajemen Atsiri menjadi lebih yakin akan kualitas produknya sehingga layak untuk diekspor. Proses coaching dan business matching yang difasilitasi oleh BRI juga menegaskan bahwa Atsiri memiliki peluang besar untuk memasuki pasar luar negeri.

Atsiri saat ini memasarkan produk aromatic wellnessnya secara offline di Tawangmangu dan Sarinah, Jakarta, serta secara online melalui berbagai e-commerce. Perusahaan ini mampu memproduksi 1-2 ton produk per pekan dan memiliki 180 orang pekerja dari masyarakat setempat.

Rumah Atsiri Indonesia juga menjadi destinasi wisata edukasi pembuatan minyak essensial dari berbagai tanaman khas Indonesia. Saat ini, omzet Rumah Atsiri Indonesia mencapai Rp 500 juta hingga Rp 800 juta per bulan dan berharap bisa memperluas pasarnya hingga ke ekspor.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 berhasil mencatatkan dealing commitment melalui business matching senilai USD 81,3 juta atau Rp 1,26 triliun. Direktur Utama BRI Sunarso berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif pada kemajuan UMKM Indonesia.