Peringatan BPS: Fenomena El Nino Diperkirakan Akan Berlangsung Hingga April 2024

by -72 Views

Inflasi Indonesia Menurun di Tahun 2023

Jakarta, CNBC Indonesia – Inflasi di Indonesia tercatat menurun pada tahun 2023. Inflasi di dalam negeri hanya mencapai 2,61%, lebih rendah dibandingkan 5,51% pada tahun 2022. Penurunan inflasi ini disebabkan oleh turunnya harga bahan bakar mineral (BBM) dan tidak adanya kenaikan subsidi BBM di tahun ini.

Namun, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sepanjang tahun 2023, Indonesia dilanda El Nino, terutama pada Maret, April, dan Mei 2023. “Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta badan dunia lainnya memperkirakan El Nino akan terjadi dalam mode moderat dan bertahan hingga April 2024,” ungkap Plt Kepala BPS Amalia A. Widyasanti dalam rilis berita resmi statistik (BRS), Selasa (2/1/2023).

Akibat dari El Nino, harga beras pada tahun ini melonjak naik. Pada Desember 2023, Amalia mengungkapkan bahwa beras masih mengalami inflasi bulanan sebesar 0,48%. Namun, inflasi beras sudah lebih rendah dibandingkan dengan Desember 2022 yang sebelumnya sebesar 2,30%. Amalia menyatakan bahwa jumlah kota yang mengalami inflasi beras juga lebih sedikit, yakni 56 kota mengalami inflasi, 23 kota mengalami deflasi, dan 11 kota mengalami stabil.

Amalia juga mengungkapkan bahwa kontribusi inflasi harga beras terhadap inflasi umum pada tahun 2023 sebesar 0,53%. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2024, gangguan iklim dari Samudra Pasifik yaitu ENSO diperkirakan akan berada pada fase El Nino Lemah – Moderat di awal tahun 2024 kemudian selanjutnya hingga akhir tahun 2024 diprediksikan berada pada fase Netral.

Terdapat peluang kecil untuk berkembang menjadi fenomena La Nina yang merupakan pemicu anomali iklim basah. Demikian juga dengan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) yang merupakan penyebab gangguan iklim dari Samudra Hindia, diprediksikan akan berada pada fase Netral dari awal hingga akhir tahun 2024.

Berdasarkan dinamika atmosfer tersebut, jumlah curah hujan tahunan pada 2024 diprediksikan umumnya berkisar pada kondisi normal. Namun, terdapat beberapa wilayah yang diprediksikan dapat mengalami hujan tahunan di atas normal di beberapa wilayah di Indonesia.