Joe Biden Bicara Tentang IKN RI Sebelum Debat Capres, Membuat Heboh

by -88 Views

Debat capres semakin memanas, kelanjutan pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara menjadi topik hangat. Namun ternyata pembahasan menyoal IKN ini tak hanya ramai di dalam negeri saja, melainkan sempat disoroti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

IKN nantinya akan menggantikan posisi Jakarta sebagai ibu kota negara.

Salah satu alasan pemindahan ibukota ini adalah untuk mengurangi beban Jakarta dan Jabodetabek. Jakarta sendiri saat ini sedang mengalami permasalahan ekologis yakni penurunan tinggi permukaan tanah sehingga beberapa wilayah terancam tenggelam.

Hal ini pun sempat disoroti Joe Biden dalam pidatonya di kantor Direktur Intelijen Nasional AS pada akhir Juli lalu, presiden negara adidaya itu menyebut bahwa Jakarta terancam tenggelam dikarenakan perubahan iklim yang saat ini sedang menghantui seluruh dunia.

“Nyatanya, ucapan Biden ini bukan tanpa alasan. Data World Economic Forum yang dirilis World Statistics Minggu merilis beberapa kota yang mungkin tenggelam pada 2.100 bila tidak ada perubahan. Dikutip Minggu (24/12/2023), Jakarta bertengger di posisi pertama kota dunia yang akan tenggelam, diikuti Lagos, Nigeria, serta Houston, AS.

Sebelumnya, Badan Antariksa AS NASA juga mengatakan meningkatnya suhu global dan lapisan es yang mencair membuat banyak kota di pesisir seperti Jakarta menghadapi resiko banjir. Luapan air laut yang semakin besar.