Jokowi Tiba di Dubai dan Bersiap untuk Mengikuti World Climate Action Summit

by -103 Views

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tiba di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (30/11/2023). Jokowi akan menghadiri World Climate Action Summit (WCAS) yang merupakan bagian dari Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2023 (COP28).

Seperti dilansir dari siaran pers Biro Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, sekitar pukul 16.25 waktu setempat. Jokowi disambut oleh Menteri Negara untuk Urusan Perdagangan Luar Negeri UEA, Thani Al Zeyoudi, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk UEA Husin Bagis, Atase Pertahanan RI di Abu Dhabi Brigjen Muhammad Irawadi, dan Duta Besar UEA untuk RI Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri.

Setelah itu, Jokowi langsung menuju kendaraan yang telah disiapkan untuk pergi ke hotel tempat ia akan menginap selama di Dubai. Di hotel, Jokowi disambut oleh sejumlah menteri yang telah tiba lebih dulu, di antaranya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Selain itu, turut menyambut kedatangan Jokowi, yakni Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Konsul Jenderal RI di Dubai K Candra Negara.

Selama di Dubai, Jokowi diagendakan menghadiri WCAS COP28. Kepala negara juga direncanakan melakukan sejumlah pertemuan dengan para pemimpin negara lainnya.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan ke Dubai adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay.