Jokowi Meresmikan Bendungan Karian, 2 Wilayah Terhindar dari Ancaman Banjir

by -113 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin (8/1/2024). Ini merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Tidak hanya bendungan, Jokowi juga meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala kapasitas 500 liter perdetik di Kota Tangerang, yang berada di Lokasi Bendungan Karian.

Jokowi menyebut bendungan yang memiliki daya tampung sebesar 315 juta meter kubik dengan luas genangan 1.773 hektare tersebut mampu memberikan sejumlah manfaat kepada masyarakat di wilayah Banten dan sekitarnya. Ia menilai adanya salah satu bendungan terbesar di Indonesia itu juga dapat memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat provinsi Banten, namun juga wilayah lainnya seperti Jakarta hingga Kabupaten Bogor.

Selain itu, Jokowi mengatakan Bendungan Karian yang telah dibangun sejak tahun 2015 dengan menghabiskan anggaran senilai Rp 2,2 triliun tersebut juga memiliki manfaat sebagai pengendali banjir di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkasbitung. Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) yang menghasilkan listrik 1,8 megawatt.