Peningkatan Danau Kaskade Mahakam Sebagai Peluang Investasi di Kalimantan Timur

by -85 Views

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim telah memetakan sejumlah potensi investasi di Kaltim. Salah satunya adalah pengembangan Danau Kaskade Mahakam (DKM).

Informasi tambahan. Danau Kaskade Mahakam merujuk pada kumpulan danau di bagian tengah Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam yang berjumlah 20, dengan tiga danau utama yaitu Danau Jempang (15.000 Ha), Danau Semayang (13.000 Ha) dan Danau Melintang (11.000 Ha).

Danau Jempang terletak di Kutai Barat (Kubar) dan Danau Semayang serta Danau Melintang terletak di Kutai Kartanegara (Kukar).

Kabid Pengembangan Iklim, Perencanaan, dan Penanaman Modal DPMPTSP Kaltim, Riawati mengatakan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim untuk pengembangan ketiga danau ini.

Riawati juga menyebutkan bahwa Pemprov Kaltim telah mengomunikasikan hal tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membangun jalur pendekat dari IKN ke ketiga danau tersebut.

Jarak tempuh dari IKN ke ketiga danau itu sekitar dua jam perjalanan. Oleh karena itu, pemetaan destinasi wisata sekitar IKN ini sedang dalam proses dan potensi wisata di Kaltim akan dipromosikan ke pendatang yang bakal tinggal di IKN.

DPMPTSP Kaltim juga sudah membicarakan perihal 3 danau ini dengan Otorita IKN agar terdapat destinasi lain yang juga bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke danau-danau tersebut.

Riawati menekankan bahwa pengelolaan daerah sekitar 3 danau tersebut harus dilakukan dengan baik dan dipersiapkan secara matang. Karena pengunjung pasti membutuhkan destinasi pendukung lain selain keindahan dari 3 danau itu saja. (ADS/DPMPTSP KALTIM)