Kapal Militer AS Masuk Tanpa Izin ke Wilayah China dan Memicu Kemarahan

by -92 Views

Militer Cina menyatakan pada Sabtu (25/11/2023) bahwa kapal perusak angkatan laut Amerika USS Hopper memasuki wilayah perairan Cina tanpa persetujuan pemerintah. Menurut postingan di akun WeChat resmi Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat Cina, militer Cina mengerahkan angkatan laut dan udaranya untuk “melacak, memantau, dan memperingatkan” kapal tersebut.

Lebih lanjut dikatakan bahwa insiden tersebut membuktikan bahwa Amerika Serikat adalah ‘pencipta risiko keamanan’ yang nyata di Laut Cina Selatan.
Dikutip dari Channel News Asia & Reuters, pengumuman terbaru ini muncul beberapa hari setelah Cina menuduh Filipina mengerahkan “pasukan asing” untuk berpatroli di Laut Cina Selatan. Ini mengacu pada patroli bersama yang diadakan sejak Selasa oleh pasukan Filipina dan AS.

Awal bulan ini, AS dan Cina mengadakan pembicaraan terang-terangan mengenai masalah maritim, termasuk sengketa Laut Cina Selatan, dan pihak AS menggarisbawahi kekhawatirannya mengenai tindakan Cina yang “berbahaya dan melanggar hukum” di sana, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Di saat bersamaan, militer Cina mengumumkan akan memulai kegiatan pelatihan tempur bersama mulai Sabtu lalu di sisi perbatasannya dengan Myanmar. Cina pun telah membawa barang ke negara tetangga di Asia Tenggara tersebut.

Myanmar diketahui tengah dihebohkan dengan serangan pemberontak. Serangan terjadi di tengah kekhawatiran ketidakamanan di Cina, yang utusannya bertemu dengan pejabat tinggi di ibu kota Myanmar untuk melakukan pembicaraan mengenai stabilitas perbatasan setelah adanya tanda-tanda ketegangan yang jarang terjadi dalam hubungan kedua negara.