Seleksi Pemuda Kaltim Resmi Dibuka, Lombakan 4 Kategori, Buka Link untuk Pendaftaran

by -81 Views

SELEKSI Pemuda tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2023 telah resmi dibuka. Ada empat kategori yang diperlombakan, yaitu Seleksi Pemuda Anti Narkoba; Seleksi Pemuda Kesadaran Bela Negara; Seleksi Pemuda Karang Taruna; dan Seleksi Konten Kreator (Pemuda Anti Hoaks).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat-bakat muda yang ada di kabupaten/kota di Kalimantan Timur.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri, menyatakan bahwa keempat kategori tersebut penting untuk dimiliki oleh para pemuda terutama di Kaltim. Kategori-kategori tersebut memiliki urgensi masing-masing dalam konteks pembentukan generasi muda yang tangguh, sadar akan kepentingan negara, aktif dalam kegiatan sosial, dan memiliki kesadaran terhadap penyebaran informasi yang benar.

Seleksi Pemuda Anti Narkoba bertujuan sebagai upaya konkret dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda, sehingga dapat membentuk generasi yang lebih sehat dan produktif. Seleksi Pemuda Kesadaran Bela Negara menjaring pemuda yang mampu membangkitkan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan tanggung jawab terhadap negara.

Seleksi Konten Kreator (Pemuda Anti Hoaks) bertujuan untuk mendorong pemuda agar memiliki kemampuan literasi yang baik. Kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kalimantan Timur.

Para pemenang (Juara I, II dan III) pada setiap kategori akan dibawa untuk mengikuti kegiatan studi tur ke Provinsi Bali.

Seleksi Pemuda Tingkat Provinsi Kaltim akan digelar pada 5 Desember 2023, dengan kuota peserta masing-masing 13 peserta pada setiap kategori. Setiap peserta hanya diperbolehkan mendaftar pada salah satu kategori melalui tautan yang disediakan.

Semua informasi mengenai kegiatan seleksi ini dapat dilihat di Google News.

Sumber: https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMIm9twswltjOAw?hl=id&gl=ID&ceid=ID:id