Inovasi dan Kreativitas Penting bagi Pemuda Menurut Wali Kota Bontang

by -150 Views

Wali Kota Bontang, Basri Rase, menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi di kalangan pemuda dalam menghadapi tantangan dan peluang di era modern. Hal ini diungkapkannya saat Malam Anugerah Kreativitas Pemuda, di Aula Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Dispoparekraf) Bontang, Rabu, 29 Mei 2024 malam.

“Pemuda adalah harapan bangsa. Kalian adalah generasi penerus yang akan membawa perubahan dan kemajuan bagi kota Bontang yang kita cintai. Di tengah perkembangan zaman yang semakin cepat dan dinamis, kreativitas dan inovasi menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan dan peluang,” kata Wali Kota Bontang, Basri Rase.

Acara ini juga menjadi ajang penganugerahan pemuda terpilih yang akan mewakili Bontang dalam ajang Jambore Pemuda Daerah (JPD) 2024 di Balikpapan. Para pemuda yang terpilih, menurut Walikota, adalah inspirasi bagi pemuda lain di kota ini.

“Teruslah berkarya, jangan pernah berhenti bermimpi dan berinovasi. Semoga prestasi yang kalian capai hari ini menjadi motivasi untuk mencapai hal-hal yang lebih besar di masa depan,” pesan Basri Rase kepada para penerima anugerah.

Malam Anugerah Kreativitas Pemuda merupakan hasil inisiasi dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispoparekraf) Kota Bontang. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua TPPKK Hapidah Basri Rase dan mitra kepemudaan serta pariwisata kota Bontang, Kalimantan Timur.

Kepala Dispoparekraf, Rafidah, menyampaikan bahwa sepuluh pemuda akan mewakili kota Bontang dalam ajang JPD di Balikpapan, yang akan berlangsung mulai Kamis, 30 Mei 2024 hingga 3 Juni mendatang.

Tujuh orang peserta kreativitas pemuda dan tiga orang peserta pemuda pelopor. Menurutnya kegiatan ini digelar sebagai wujud apresiasi atas karya seni budaya pemuda. Pihaknya akan terus memberikan ruang bagi pemuda untuk berkreasi dan mengembangkan potensi diri mereka.

Acara tersebut semakin semarak dengan penampilan sepuluh muda-mudi terpilih yang menunjukkan kebolehan mereka dalam gerak lagu dengan irama nuansa pesisir dalam tari Jepen Kreasi.

Koreografi, aransemen musik pengiring, tata rias, dan busana dalam pertunjukan tersebut sepenuhnya merupakan hasil kreativitas sepuluh pemuda yang akan berlaga di JPD tingkat Kalimantan Timur.

Sebagai puncak acara, dilakukan pengalungan selempang kepada para peserta JPD serta pembagian hadiah lomba kreativitas pemuda yang meliputi kategori fashion, kategori grafika, kategori teknologi informasi piranti lunak, kategori kriya, kategori musik, kategori kuliner dan kategori film pendek.

Dengan dukungan dan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah kota Bontang, diharapkan para pemuda ini akan terus berkembang dan membawa nama baik kota di kancah yang lebih luas, sekaligus menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berinovasi dan berkarya. (KMF_rie)