Bappebti Lindungi Konsumen: Pemblokiran Situs Web Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal sebagai Upaya Perlindungan

by -159 Views

Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal

INFO NASIONAL – Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah melakukan pemblokiran sebanyak 1.855 situs web yang melakukan kegiatan penawaran di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) ilegal sepanjang tahun 2023. Langkah ini diambil untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian dan memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha di bidang PBK.

Menurut Plt. Kepala Bappebti Kasan, masih marak terjadi penawaran melalui kegiatan promosi, iklan, dan pelatihan perdagangan berjangka komoditi ilegal di Indonesia melalui berbagai media. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati terhadap penawaran yang dilakukan oleh oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kasan menjelaskan bahwa Bappebti terus melakukan upaya preventif dan represif guna mencegah masyarakat dari modus penipuan dan potensi kerugian dari kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat juga diminta untuk aktif melapor ke Bappebti jika menemukan adanya kegiatan ilegal di bidang PBK.

Aldison, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, menegaskan bahwa setiap entitas yang melakukan kegiatan PBK di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan patuh pada ketentuan peraturan yang berlaku. Jika ditemukan kegiatan di bidang PBK tanpa izin, Bappebti akan mengambil langkah hukum sesuai peraturan yang berlaku.

Situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal yang telah diblokir oleh Bappebti dapat dinormalkan jika entitas tersebut berkomitmen untuk mengurus perizinan. Langkah ini dilakukan untuk melindungi entitas agar patuh pada aturan yang berlaku dan membentuk iklim persaingan usaha yang sehat di bidang PBK.

“Selalu pastikan legalitas perusahaan dan tidak mudah tergiur dengan penawaran yang memberikan iming-iming keuntungan yang tidak wajar dalam waktu singkat. Sebelum bertransaksi, periksa profil dan legalitas pelaku usaha di bidang PBK melalui situs web resmi Bappebti,” pungkas Aldison.

Sumber: Bappebti Blokir 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal
Sumber: Bappebti blokir perdagangan berjangka ilegal