Pertamina Group Memenangkan 8 Penghargaan dari KLHK Sebagai Local Hero

by -56 Views

Pertamina Group berhasil meraih 8 penghargaan dalam acara Festival Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan diberikan kepada 8 Local Hero Pertamina pada ajang Local Hero Inspiration Award 2024.

Local Hero Inspiration Award 2024 merupakan penghargaan bagi kisah inspiratif dan inisiatif local hero dalam mengatasi isu global “triple planetary crisis” melalui aksi pemberdayaan masyarakat. Salah satu kategori dalam ajang tersebut adalah ancaman perubahan iklim, polusi, dan kehilangan keanekaragaman hayati.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Pertamina dalam menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Program inisiatif Local Hero Pertamina diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi Triple Planetary Crisis dan pada akhirnya mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

KLHK memberikan penghargaan kepada 8 local hero Pertamina dalam Lomba Cerita Naratif Inspiratif dan Kutipan. Adapun para pemenang Lomba Cerita Naratif Inspiratif di antaranya adalah Dominggus Absalom Kalami dari PT Pertamina EP Field Papua sebagai juara 1, Mohamad Jamaludin dari Refinery Unit IV Cilacap sebagai juara 2, Dede Ahmad dari PT Pertamina Fuel Terminal Bandung sebagai juara harapan 1, Michael Fitzgerald Wangko dari PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Bitung sebagai juara harapan 2, dan Habir dari PT Pertamina EP Tarakan Field sebagai juara harapan 3.

Selain itu, Pertamina juga meraih peringkat tertinggi dalam lomba kutipan terbaik, yakni Choliq Hidayah dari Badak NGL sebagai juara 1, Sarwana dari Refinery Unit V Balikpapan sebagai juara 2, dan Ali Kurniawan dari PHE OSES sebagai juara 3.

Absalom, sebagai pemenang juara 1 Lomba Cerita Naratif Inspiratif, berkolaborasi dengan Pertamina dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Kampung Adat Malasigi, khususnya dalam menjaga tanah ulayat untuk kelestarian hutan dan pelestarian satwa endemik burung cenderawasih.

Di sisi lain, PT Kilang Pertamina Internasional juga menerima penghargaan booth pameran terbaik, yang memamerkan beberapa program TJSL terkemuka, termasuk Desa Energi Berdikari (DEB) yang mendukung berbagai poin SDGs dan upaya pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission tahun 2060.