10 Hasil Survei Pilpres 2024 Terbaru Menjelang Debat Capres

by -92 Views

Pada hari Minggu, 7 Januari 2024, akan diadakan debat kedua calon presiden. Kali ini, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan berdebat dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Hasil survei terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 terus dirilis. Berikut adalah hasil survei 10 lembaga yang dirangkum CNBC Indonesia dari awal Desember hingga Jumat, 29 Desember 2023.

LSI Denny JA merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan elektabilitas sebesar 43,3%. Survei ini dilakukan pada 17-23 Desember 2023 terhadap 1.200 responden yang berusia 17 tahun atau sudah menikah. Metode sampling survei adalah multi-stage random sampling. Survei LSI Denny JA ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode tatap muka dengan kuesioner. Hasil dari survei LSI Denny JA menunjukkan bahwa jika terjadi dua putaran, pasangan yang sudah pasti lolos adalah Prabowo-Gibran. Ini karena elektabilitas pasangan tersebut sudah melebihi 33,3%.

Polling Institute juga merilis hasil survei tingkat elektabilitas masing-masing paslon peserta pilpres. Hasilnya menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan suara mencapai 46,1%.

CSIS merilis hasil survei elektabilitas capres dan cawapres pascadebat capres perdana. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7%.

Selain itu, Indikator Politik Indonesia juga merilis hasil simulasi terkait elektabilitas tiga pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dibanding pasangan lain.

Indikator Publik Nasional juga merilis hasil survei elektabilitas tiga pasangan capres-cawapres 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran unggul jauh atas dua paslon lainnya dengan elektabilitas mencapai 50,2%.

Litbang Kompas mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 39,3%. Pasangan itu menempati urutan pertama di survei.

ASI merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres di Pulau Jawa. Pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan elektabilitas 34,2%.