KPU Menyebabkan Kejutan dengan Menghilangkan Debat Cawapres, Anies Menyatakan Keheranan

by -89 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan membuka suara terkait putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai peniadaan debat antara Calon Wakil Presiden (Cawapres). Ia mengaku terkejut.

“Maka itu kita terkejut, belum bicara bersama tapi sudah ditetapkan. Nah pada waktunya surat itu juga akan disampaikan (Pandangan tim Anies – Cak Imin/AMIN ke KPU),” kata Anies kepada wartawan di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2023).

Mengutip detik.com, sebelumnya ia menjelaskan tim pemenangannya sudah mengirimkan surat ke KPU mengusulkan format debat capres-cawapres. Sebabnya Tim AMIN belum merasa pernah diajak bicara mengenai putusan itu.

“Pengalaman kami dulu selalu tiga-tiga paslon ada utusan yang diajak bicara merumuskan bersama-sama,” imbuhnya.

Seperti ketika dirinya mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2017. Saat itu tim dari tiga pasangan calon gubernur maupun wakil gubernur diajak bicara oleh KPU terkait debat.

“Ini adalah soal menghormati rakyat Indonesia, rakyat Indonesia itu harus dihormati. Cara menghormatinya gimana? dengan menunjukan capresnya, menunjukan cawapresnya. jangan disembunyikan. tapi ditunjukan. Ditunjukan itu dengan menghormati hak pemilih. Supaya rakyat Indonesia bisa melihat lebih dekat setiap calon,” tuturnya.

Sebelumnya KPU memutuskan debat capres dan dan cawapres Pilpres 2024 tak digelar secara terpisah. Nantinya semua pasangan hadir secara bersamaan.

Namun Hasyim mengatakan tetap ada pembagian proporsi pada lima gelaran debat itu. Tiga didebat merupakan proporsi yang besar bagi capres, dan dua lainnya untuk cawapres. Hal ini diklaim supaya rakyat bisa melihat sejauh mana kerja sama masing-masing paslon.