Bontang Internasional Ultra Trail 2023 Menjadi Sukses sebagai Ajang Sport and Tourism

by -102 Views

BONTANG Internasional Ultra Trail (BIUT) sukses diselenggarakan Minggu (19/11/23) dini hari. Para pelari kategori 60K mulai berlari sejak pukul 04.00 WITA dengan garis start dan finish di Hotel Grand Mutiara.

Turut hadir Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prasetya, Perwakilan Dandim 0908 Bontang, Kadispopar Bontang Ahmad Aznem, Kabid olahraga Muhtar; Ketua ALTI Bontang Ahmad Bajuri, dan Ketua Masata Bontang Eko Satrya.

Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi penyelenggaraan event lari trail bertaraf internasional yang diselenggarakan setiap tahun. “Terima kasih kepada pengurus ALTI, terutama saudara saya Ketua ALTI pusat Bima Arya yang datang langsung untuk mendukung kita semua,” ujarnya.

Penyelenggaraan event ini merupakan kegiatan sport and tourism yang diharapkan dapat mempromosikan pariwisata di Kota Bontang. Hal ini harus dipersiapkan menjelang IKN selesai dan Bontang akan menjadi penyangga IKN Nusantara.

“Karena ini sesuai dengan visi misi kota Bontang yang menjadikan ini sebagai kota tujuan wisata, bukan hanya skala domestik namun internasional,” ujarnya.

Mengenai hal tersebut, Basri meminta pembenahan dan evaluasi penyelenggaraan event BIUT ke depan, sehingga jika Bontang menjadi penyelenggara event Asia Pasifik, bisa dilaksanakan dengan optimal.

“Kita siap mendukung kegiatan ini, terutama karena ini menjadi kalender tetap di Kalimantan Timur dan Bontang satu-satunya penyelenggara event internasional,” ungkapnya.

Ketua ALTI Pusat Bima Arya menyatakan penyelenggaraan BIUT 2023 sebagai event internasional yang berhasil diselenggarakan.

“Kata kuncinya adalah sinergi dengan pemerintah daerah dan forkopimda. Dan saya lihat ini salah satu event skala Internasional yang layak jadi andalan event lari trail terutama Ultra,” katanya.

Ia juga memastikan apabila concern pemerintah untuk memaksimalkan Bontang menjadi tujuan wisata diyakininya bukan isapan jempol. Dengan event BIUT, wisata dapat beriringan dengan gelaran olahraga seperti lari Ultra Trail berlabel BIUT.

Wali Kota Bogor juga mendukung jika Kota Bontang menjadi tuan rumah lomba lari lintas alam se Asia Pasifik pada tahun mendatang. Ia yakin dengan penyelenggaraan yang sudah berlangsung Bontang sanggup menyelenggarakan event yang bakal diikuti Peserta dari 40 negara.

“Saya mendukung jika pak Basri mengajukan diri sebagai tuan rumah Ultra Trail Asia Pasifik. Nantinya akan ada 500 pelari internasional yang datang, ada pelari dari 40 negara yang akan berlaga di BIUT Asia Pasifik nanti,” ungkap Bima Arya Sugianto selaku Ketua ALTI Pusat. (*)