Pertarungan Antara Anies, Ganjar, dan Prabowo

by -103 Views

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) telah merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur (Jatim) mengenai elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden yang telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas.

Menurut survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,1%. Di tempat kedua, terdapat pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 35,9%. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di tempat ketiga dengan elektabilitas 22,2%.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, mengungkapkan faktor-faktor yang menyebabkan Prabowo-Gibran unggul di Jatim. Salah satu faktornya adalah adanya migrasi dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya memilih Ganjar Pranowo, namun kini beralih ke Prabowo.

Baihaki menyebut bahwa sebanyak 33,7% pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran, sedangkan 66,3% memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pemilih PDIP yang memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Bergabungnya Gibran dalam tim Prabowo juga membuat Prabowo mendapatkan dukungan dari loyalis Joko Widodo (Jokowi) di Jatim. Terlebih lagi, Jatim merupakan basis dukungan Jokowi dalam dua kali Pemilihan Presiden sebelumnya, yaitu pada tahun 2014 dan 2019.

Survei ARCI dilakukan pada tanggal 22-27 Oktober 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling dan melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut adalah hasil lengkap elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden di Jatim versi ARCI:

1. Prabowo-Gibran: 40,1%
2. Ganjar-Mahfud: 35,9%
3. Anies-Muhaimin: 22,2%
Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%

Sumber: CNBC Indonesia