Jokowi Ungkap Potensi Sungai di Indonesia Dalam Menghasilkan Listrik Besar

by -122 Views

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi energi hijau yang melimpah. Terdapat sekitar 3.600 Megawatt (MW) pembangkit listrik hijau, seperti energi matahari, angin, panas bumi, arus laut dan ombak, bioenergi, dan hidropower.

Dalam paparannya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa Indonesia memiliki lebih dari 4.400 sungai potensial, di antaranya terdapat 128 sungai besar seperti Sungai Membramo di Papua dengan potensi 24.000 MW. Selain itu, terdapat Sungai Kayan di Kalimantan Utara yang memiliki potensi listrik sebesar 13.000 MW.

“Ini adalah potensi besar yang dapat kita manfaatkan untuk masa depan bumi dan masa depan generasi penerus,” ungkap Presiden Jokowi dalam peresmian Pembukaan World Hydropower Congress Tahun 2023 di Bali pada tanggal 31 Oktober 2023.

Namun, Indonesia juga menghadapi berbagai tantangan, termasuk lokasi sumber hidropower yang jauh dari pusat kebutuhan listrik. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah membuat rancangan percepatan jalur transmisi yang menghubungkan listrik dari lokasi hidropower ke pusat pertumbuhan ekonomi dan industri.

“Tantangan lainnya adalah pendanaan dan alih teknologi. Ini membutuhkan investasi yang besar dan kolaborasi dengan kekuatan ekosistem hidro di seluruh dunia,” ungkap Presiden Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Jokowi Disebut Bisa ‘Jatuh’ Karena Kuasai Tambang Raksasa Ini