Aktivis Papua Mendesak Penyekatan Proyek Pertanian 1 Juta Hektar di Merauke

by -147 Views

Pemerintah Indonesia sedang menjalankan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Merauke, provinsi Papua Selatan, dalam bidang pertanian untuk mencapai swasembada. Upaya ini mendapat kritik karena dianggap merusak lingkungan setempat.

VOA – Proyek Strategis Nasional (PSN) di Merauke, provinsi Papua Selatan dimulai pada 12 Juli 2024, ketika Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya, menerbitkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 835 Tahun 2024. Surat tersebut memberikan izin penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan infrastruktur ketahanan pangan. Izin ini diberikan atas nama Kementerian Pertahanan RI, dengan luas mencapai 13.540 hektar, di kawasan Hutan Lindung, Hutan Produksi Tetap, dan Kawasan Hutan Produksi yang Dapat Dikonversi di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Proyek ini merupakan bagian dari PSN Kawasan Pengembangan Pangan dan Energi Merauke, yang bertujuan mencetak 1 juta hektar sawah. Namun, Yayasan Pusaka Bentala Rakyat (PUSAKA) mencatat bahwa lokasi proyek ini berada di kawasan hutan adat dan memiliki nilai konservasi tinggi. Perwakilan pemilik tanah di Distrik Ilwayab, Marga Gebze Moyuend dan Gebze Dinaulik, mengungkapkan bahwa tanah mereka telah digusur.

PUSAKA menilai bahwa proyek PSN Merauke ini melanggar hak hidup, hak masyarakat adat, dan merusak lingkungan hidup sesuai dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan, serta prinsip Free Prior Informed Consent (FPIC). Prinsip FPIC menyatakan bahwa sebelum proyek dimulai, masyarakat harus diberi informasi mengenai proyek tersebut dan memiliki kebebasan untuk menerima atau menolak proyek tersebut.

LBH Papua juga mengritik proyek PSN di Merauke, dengan menyatakan bahwa proyek ini menyebabkan penghancuran Taman Nasional, Suaka Margasatwa, dan Cagar Alam yang dilindungi. LBH Papua meminta pemerintah untuk menghentikan proyek ini dan menegaskan perlindungan kawasan tersebut telah dijamin oleh berbagai keputusan menteri.

Meskipun mendapat kritik, pemerintah terus melanjutkan proyek PSN di Merauke untuk mencapai tujuan swasembada pangan. Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono, memastikan bahwa proyek PSN di Merauke berjalan lancar dengan progres positif, seiring dengan upaya membentuk wilayah tersebut sebagai lumbung pangan dunia.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, juga telah menegaskan komitmen pemerintah dalam mewujudkan Merauke sebagai lumbung pangan dunia. Langkah-langkah seperti pembuatan plot pertanaman padi dan optimalisasi lahan pertanian di beberapa distrik di Merauke sedang dilakukan untuk mencapai target swasembada pangan di masa depan.

Source link