Cuaca Akhir September 2024 di Kalimantan Timur: Hujan Ringan hingga Sedang, Kemungkinan Lebih dari 70 Persen

by -22 Views

SAMARINDA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Samarinda memperkirakan kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) pada dasarian III, yaitu periode 21-30 September 2024, akan didominasi oleh hujan dengan intensitas rendah hingga sedang.

Berdasarkan data prakiraan cuaca, wilayah Kaltim secara umum diprediksi akan mengalami hujan kategori rendah dengan intensitas curah hujan 0-50 mm dan peluang lebih dari 80 persen.

Namun, untuk wilayah Kalimantan Timur bagian barat, diperkirakan akan mengalami curah hujan yang lebih tinggi dengan kategori menengah (50-150 mm) dan peluang lebih dari 70 persen. Artinya, daerah-daerah di bagian barat Kaltim berpotensi menerima hujan lebih intens dibandingkan wilayah lain di provinsi ini.

Detail Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Kaltim:
– Wilayah Timur Kaltim: Curah hujan diprediksi berada pada kategori rendah dengan intensitas 20-50 mm.
– Wilayah Barat Kaltim: Curah hujan lebih tinggi dengan intensitas menengah, yakni 50-150 mm.

BMKG juga mencatat bahwa sifat hujan di Kalimantan Timur secara umum akan berkategori Normal hingga Atas Normal (85-200 persen). Namun, beberapa wilayah tertentu seperti Kabupaten Kutai Kartanegara bagian timur, sebagian besar Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara bagian utara, serta Kota Balikpapan bagian utara, diperkirakan akan memiliki sifat hujan Bawah Normal (50-84 persen).

Dengan kondisi ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri terhadap potensi hujan yang bisa memengaruhi aktivitas harian.

*) Ikuti berita terbaru PRANALA.co di Google News melalui link ini dan jangan lupa difollow.