Tes Kesehatan Tiga Paslon Pilkada Mahakam Ulu Dilakukan di RSUD AWS Samarinda

by -25 Views

SAMARINDA – Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie, Kota Samarinda, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sejak pagi hari tadi diawasi ketat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mahakam Ulu dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), untuk memastikan kelancaran dan kepatuhan terhadap prosedur yang telah ditetapkan.

Anggota Bawaslu Mahakam Ulu, Leonder Awang, yang turut mengawasi pemeriksaan tersebut, mengungkapkan bahwa semua pasangan calon telah menyelesaikan serangkaian tes kesehatan meskipun hasilnya masih perlu menunggu beberapa hari.

“Hasil pemeriksaan akan keluar dalam dua hari ke depan untuk melakukan tes ulang dan pengambilan sampel tambahan demi memastikan kondisi kesehatan para calon,” jelas Leonder.

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi tes urine, cek darah, pengukuran tanda-tanda vital, psikotes, wawancara, dan tes narkoba yang dimulai sejak pukul 07.00 WITA.

Tiga pasangan calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan tersebut adalah Novita Bulan-Artya Fathra Marthin (Prima), Yohanes Avun-Yohanes Juan Jenau (Avun-Juan), dan Owena Mayang Shari Belawan-Stanislaus Liah (Manis). Mereka semua menjalani puasa sejak Jumat malam sebagai persiapan untuk pengambilan sampel gula darah.

Jadwal pemeriksaan kesehatan para pasangan calon ini akan berlangsung hingga Senin (2/9). Setelah melakukan pemeriksaan awal pada Sabtu, mereka harus berpuasa lagi pada Minggu malam untuk pemeriksaan lanjutan, yaitu USG abdomen dan pengambilan sampel urine tambahan untuk tes narkoba.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, para pasangan calon menyampaikan rasa syukur karena prosesnya berjalan lancar dan berharap mendapatkan hasil positif. Mereka optimis dapat melanjutkan tahapan Pilkada dengan baik dan berharap hasil pemeriksaan lanjutan pada Senin berlangsung sesuai harapan. (*)

*) Ikuti berita terbaru PRANALA.co di Google News di sini dan jangan lupa diikuti