Presiden Joko Widodo Berada di Kaltim Selama 2 Hari

by -109 Views

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim) pada Senin, 3 Juni 2024 sekitar pukul 17.43 WITA. Kunjungan kerja tersebut berlangsung selama dua hari.

Presiden tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggunakan Pesawat Kepresidenan. Dia disambut oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, dan unsur Forkopimda Kaltim.

Kunjungan ini bertujuan untuk memantau perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta melaksanakan berbagai agenda, termasuk groundbreaking sejumlah gedung pendukung pengembangan IKN.

Akmal menyambut kedatangan Presiden Jokowi di VIP Room Pemprov Kaltim Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan dengan mengucapkan rasa syukur. Selama dua hari ke depan, Presiden Jokowi akan menghadiri dan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XVII serta meresmikan berbagai bangunan dan melakukan groundbreaking gedung yang mendukung IKN Nusantara.

Berbagai agenda yang akan dilaksanakan Presiden Jokowi selama 3-5 Juni 2024 antara lain pembukaan Rakernas APEKSI di Balikpapan, peresmian Persemaian Mentawir dan Bendungan Sepaku Semoi, peninjauan pembangunan RS Mayapada, groundbreaking Astra Biz Center, Sekolah Islam Al Azhar, Gedung Universitas Gunadarma, serta peninjauan Kantor Presiden dan/atau Sumbu Kebangsaan.

Presiden Jokowi juga akan melakukan groundbreaking Kantor BTN, Nusantara Sustainability Hub, Bina Bangsa School, Arena Graha Andalan, PLN Hub, serta peninjauan LKBN Antara. Selain itu, dalam kunjungan ini akan dilaksanakan Gala Dinner bersama Apeksi dan Presiden Jokowi direncanakan untuk bersilaturahmi dengan tokoh agama, masyarakat, dan adat Kaltim.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri LHK Siti Nurbaya turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ini. Hadir menyambut kedatangan Presiden Jokowi, antara lain Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kepala Polda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto, dan Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb David Ali Hamzah.