Wali Kota Basri Rase memberikan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Bontang Kuala, Mulai dari Selimut hingga Sembako.

by -2765 Views

PRANALA.CO – Wali Kota Bontang, Basri Rase, telah menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Batu Sahasa RT 06, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, yang terjadi pada Jumat (25/5/2024) malam. Bantuan yang diberikan mencakup sembako, matras, alat masak, dan selimut.

“Kami ikut prihatin atas kejadian musibah kebakaran ini. Semoga ada penggantian yang lebih baik dan bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat,” kata Basri yang didampingi oleh istrinya, Hapidah, pada Sabtu (26/5/2024) siang.

Setelah kejadian ini, pemimpin Bontang tersebut mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap bahaya korsleting listrik. Salah satu langkah pencegahannya adalah dengan mengurus Sertifikat Laik Operasi (SLO) ke PLN. Terutama karena, menurutnya, rumah-rumah di Bontang kebanyakan adalah bangunan lama dan instalasi listriknya belum pernah diperiksa keamanannya.

Imbauan lainnya dari Basri adalah untuk menggunakan peralatan rumah tangga yang sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, tindakan pencegahan juga melibatkan peran Relawan Tanggap Bencana (Tagana), Kelurahan Tanggap Bencana (Kelana), dan relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) lainnya.

Diharapkan kehadiran mereka dapat membantu dalam memberikan edukasi kepada warga mengenai bahaya kebakaran dan cara penanganannya. “Harus berhati-hati dalam menggunakan listrik. Alhamdulillah, masyarakat cepat tanggap dan merespons sehingga kebakaran tidak merembet ke rumah-rumah lain,” tegas Basri.

Diketahui dari kebakaran di permukiman laut Bontang Kuala tersebut, satu rumah telah hangus dilalap api. Sedangkan dua rumah lainnya di sekitarnya mengalami dampak. Korban melaporkan kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah. (bms)