Sri Mulyani, Airlangga, dan Pimpinan BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi RI Mencapai 5% di Kuartal I

by -51 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Ekonomi Indonesia diprediksi akan terus tumbuh 5% pada kuartal I-2024. Pertumbuhan ini terjadi karena konsumsi masyarakat yang stabil dan kinerja perdagangan yang kuat di tengah ketidakpastian global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis bahwa ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 akan tumbuh lebih dari 5%. Dia menargetkan pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2024 mencapai 5,2%.

“Jika kita melihat hingga year to date, kita menargetkan 5,2% dan kami berharap angka pertumbuhan yang baik pada kuartal I-2024. Namun, kita masih menunggu data resmi dari BPS,” kata Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta pada Jumat (3/5/2024).

Sejalan dengan pandangan Airlangga, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan mencapai 5,17% pada kuartal I-2024. “Pertumbuhan ekonomi kita diprediksi mencapai 5,17% dalam kuartal I menurut Kemenkeu,” ungkapnya dalam konferensi pers akhir pekan sebelumnya.

Prediksi ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi masih terus berlanjut setelah pandemi Covid-19. Untuk pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun, diprediksi mencapai 5,2%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada triwulan pertama dan kedua tahun 2024 akan lebih tinggi dari kuartal IV-2023, didukung oleh permintaan domestik yang kuat.

“Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I dan II tahun 2024 diprediksi akan lebih tinggi dari triwulan IV tahun 2023, didukung oleh permintaan domestik yang tetap kuat dari konsumsi rumah tangga sejalan dengan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah,” ujar Perry pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Maret lalu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,04% secara tahunan pada kuartal IV-2023. Oleh karena itu, dipercayai bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh lebih dari 5,04% pada tahun berikutnya.