Mengerikan! AS Membentuk Genk Baru di Asia, Siap Menantang China

by -83 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) bersama sejumlah negara lain menyerang China secara bersama-sama. Kali ini terkait dengan tindakan pemerintahan Xi Jinping di Laut China Selatan.

Filipina dan Jepang bersama AS memberikan peringatan terhadap tindakan tersebut. Laut China Selatan dikenal sebagai wilayah yang diperebutkan oleh beberapa negara, termasuk Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Vietnam.

Beberapa tahun terakhir, Beijing meningkatkan aktivitasnya di wilayah tersebut, termasuk dengan Filipina. Presiden Ferdinand Marcos mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan balasan atas tindakan yang dilakukan oleh China.

Lokasi perselisihan antara China dan Filipina terjadi di Second Thomas Shoal. Penjaga pantai China dilaporkan menggunakan meriam air terhadap kapal yang menyuplai kontingen pelaut yang tinggal di kapal Sierra.

Wilayah tersebut terletak sejauh 200 kilometer dari Palawan di Filipina Barat.

Dalam keterangan bersama, pimpinan AS, Jepang, dan Filipina menyatakan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh China sangat berbahaya. Mereka juga mengungkapkan keprihatinan mereka terkait dengan tindakan tersebut.

“Mereka menyampaikan keprihatinan serius atas perilaku berbahaya dan agresif Republik Rakyat China di Laut China Selatan,” ujar mereka yang dikutip oleh Al Jazeera, Jumat (12/4/2024).

Mereka juga mengingatkan agar menghormati hak kedaulatan negara dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Aturan tersebut juga tercantum dalam Konvensi Hukum Laut PBB tahun 1982.

Sebagai informasi, China mengklaim seluruh wilayah di Laut China Selatan dengan mengacu pada sembilan garis putus-putus, yang sebelumnya telah ditolak oleh Pengadilan Internasional pada tahun 2016.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Xi-Biden Perkuat Kerja Sama, Kurangi “Ketegangan” AS-China?

(npb/wur)