UKI Mendiskusikan Masalah Diaspora dan Kelangsungan Diplomasi

by -55 Views

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia (FISIPOL UKI) melalui Center for Security and Foreign Affairs (CESFAS) telah mengadakan seminar dengan tema “Disrupsi: Diaspora, Politik, & Keberlanjutan Diplomasi” pada hari Selasa (26/3).

Kegiatan ini didukung oleh Indonesian Institute of Advanced International Studies (INADIS). Narasumber yang hadir dalam seminar tersebut antara lain Leonard Hutabarat (Konsul Jenderal RI Toronto 2018-2021), Hamdan Hamedan (Tenaga Ahli Kemenpora), Laurens Ikinia (Peneliti Institute of Pacific Studies), dan Audra Jovani (Dosen Ilmu Politik FISIPOL UKI).

Tujuan seminar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat tentang isu-isu yang berkaitan dengan diaspora. Topik utama seminar tersebut adalah hubungan antara diaspora, politik, dan keberlanjutan diplomasi, yang merupakan isu penting dalam era disrupsi. Meskipun jumlah diaspora Indonesia tidak sebanyak negara lain, namun potensi dari kelompok ini dapat dimaksimalkan karena mayoritas dari mereka memiliki keahlian dan bakat khusus.

Narasumber memaparkan situasi, peluang, dan tantangan yang dihadapi diaspora Indonesia dalam berbagai konteks, termasuk peran pemerintah dalam memberdayakan mereka. Leonard F. Hutabarat menyoroti potensi besar diaspora Indonesia dalam diplomasi dan pentingnya mengembangkan strategi yang tepat. Hamdan Hamedan memberikan contoh kontribusi diaspora dalam berbagai bidang, termasuk olahraga, dan pemetaan jumlah diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Pada sesi tanya jawab, terungkap bahwa diaspora Indonesia masih menghadapi kendala teknis, termasuk dalam pemilu 2024. Narasumber menekankan pentingnya kerjasama antar pemangku kepentingan untuk memberdayakan diaspora Indonesia agar dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia. Direktur CESFAS, Darynaufal Mulyaman, berharap agar Indonesia dapat membina diaspora menuju generasi emas yang mampu berprestasi.

Sumber: https://www.utamanews.com/sosial-budaya/UKI-Bahas-Isu-Diaspora-dan-Keberlanjutan-Diplomasi

Source link