Tantangan Strategis Bangsa: Tantangan Strategis Global [Meningkatnya Populasi]

by -67 Views

Dengan populasi hampir 280 juta, Indonesia saat ini menempati peringkat keempat di dunia dalam hal jumlah penduduk. Namun, dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,1% per tahun, dalam waktu dekat Indonesia akan tergantikan oleh Nigeria yang memiliki jumlah penduduk lebih besar.

Diperkirakan pada tahun 2045, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 324 juta jiwa. Hal ini berarti akan ada tambahan 44 juta jiwa dalam 20 tahun ke depan, yang hampir sama dengan jumlah penduduk di satu provinsi Jawa Barat.

Dengan pertumbuhan jumlah penduduk di seluruh dunia dan di Indonesia, akan dibutuhkan tambahan produksi pangan sebesar 56% untuk memenuhi kebutuhan 10 miliar populasi dunia pada tahun 2050. Untuk memenuhi tambahan kebutuhan ini, dibutuhkan lahan pertanian tambahan yang setara dengan dua kali lipat luas negara India. Pemenuhan pangan untuk semua akan menjadi sangat menantang.

Dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan iklim, negara-negara akan semakin memprioritaskan produksi pangan untuk kebutuhan sendiri. Oleh karena itu, kebutuhan Indonesia untuk mencapai swasembada pangan menjadi semakin mendesak.

Selain itu, Indonesia juga harus mampu menyediakan lapangan kerja, sekolah, rumah sakit, sanitasi, rumah, dan infrastruktur pendukung lainnya agar seluruh penduduk Indonesia dapat hidup dengan layak. Hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-global-meningkatnya-populasi/

Source link