Anies dan Ganjar mendesak Prabowo

by -88 Views

Debat Presiden ketiga baru saja selesai. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo telah menyampaikan ide dan gagasan serta saling berdebat pada Minggu (8/1/2024).

Namun, perdebatan masih berlangsung di media sosial. Mulai dari topik dalam debat hingga kontroversi yang viral.

Berikut beberapa isu panas dalam debat calon presiden ke-3!

1. Kekayaan Prabowo & TNI Tidak Sejahtera

Tanah milik Prabowo Subianto menjadi perbincangan hangat dalam debat calon presiden 2024. Anies Baswedan menuduh Prabowo memiliki tanah seluas 340 ribu hektare.

Anies juga menyinggung tentang pengelolaan anggaran Kementerian Pertahanan yang sebagian besar digunakan untuk membeli alat utama sistem pertahanan atau alutsista bekas, sementara lebih dari separuh prajurit TNI tidak memiliki rumah dinas.

Prabowo membantah tudingan tersebut dan siap untuk membuktikan kesalahan tuduhan Anies.

2. RI Darurat Serangan Siber

Anies mengatakan bahwa anggaran Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo telah menghabiskan hingga Rp700 triliun namun tidak mampu menangani serangan siber. Solusinya adalah menciptakan satu sistem yang komprehensif dan mengadakan teknologi terbaru.

Prabowo menegaskan bahwa pandangan Anies terlalu teoritis dalam masalah siber di Indonesia.

3. Utang Luar Negeri

Prabowo mengatakan bahwa rasio utang Indonesia terhadap PDB mencapai 40% dan tidak merasa khawatir terhadap utang luar negeri Indonesia.

Anies Baswedan mengaku akan menekan kebocoran pajak untuk memperkuat perekonomian dan mendukung perluasan basis wajib pajak.

4. Anggaran Pertahanan Kecil

Ganjar Pranowo menyebut anggaran pertahanan Indonesia belum ideal, dan Anies setuju anggaran pertahanan Indonesia harusnya 1% hingga 1,5% dari PDB.

Prabowo sendiri mengakui bahwa anggaran pertahanan masih kurang dari ideal dan harus ditambah ke depan.

5. Laut China Selatan

Ganjar Pranowo memberikan jawaban terkait isu berbagai konflik di Laut China Selatan, sementara Anies menekankan penguatan peran Indonesia di ASEAN.

Demikianlah beberapa isu panas yang dibahas dalam debat calon presiden ke-3.