Trenggono Melaporkan Kenaikan Tarif Antidumping AS terhadap Ekspor Udang RI kepada Jokowi

by -109 Views

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melaporkan masalah ekspor udang kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, ekspor udang terhambat oleh bea masuk anti dumping ke Amerika Serikat.

“Udang menghadapi masalah di Amerika, dikenakan anti-dumping, kami melaporinya,” kata Trenggono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Trenggono menjelaskan bahwa Jokowi memberikan arahan untuk menyelesaikan masalah ini agar industri udang dalam negeri tidak terhambat.

“Kami akan menindaklanjuti arahan Jokowi. Jika tidak, industri ini akan terhambat karena dikenakan bea masuk anti-dumping,” ujar Trenggono.

Trenggono juga mengatakan bahwa solusinya adalah dengan menggunakan jasa pengacara untuk menyelesaikan permasalahan ini, bukan dengan mengajukan gugatan hukum.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa ia belum mengetahui masalah ini dan akan memeriksanya.

Sebelumnya, ekspor produk udang Indonesia diduga melakukan dumping atau praktik subsidi di AS oleh American Shrimp Processors Association (ASPA). Gugatan ini disampaikan kepada US Department of Commerce (USDOC) dan US International Trade Commission terhadap produk udang air hangat beku asal Indonesia pada 25 Oktober 2023.