Analisis Gabungnya Anies & Ganjar Jika Pilpres Memasuki Putaran Kedua

by -76 Views

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD diprediksi akan bergabung dalam satu koalisi jika Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 terjadi dalam dua putaran.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, prediksi ini didasarkan pada hasil survei beberapa bulan belakangan di mana pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selalu unggul dibanding kedua rivalnya. Namun, data sementara tersebut masih dinamis.

Djayadi menegaskan bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 dan 3 akan berusaha bergabung di putaran kedua jika hal tersebut terjadi. Namun, dia melihat adanya tantangan berat apabila kedua pasangan tersebut bergabung, terutama dalam menyeragamkan pilihan di akar rumput.

Meski begitu, Djayadi berpendapat bahwa AMIN dan Ganjar-Mahfud tetap bisa kuat dan solid di putaran kedua dan melawan Prabowo-Gibran. Salah satu caranya adalah melalui instruksi dari elite partai politik.

Djayadi menyebutkan contoh jika Ibu Megawati bertemu dengan Pak Surya Paloh, jika pada putaran kedua terjadi, instruksi dari Ibu Megawati yang menyatakan dukungan kepada AMIN mungkin akan berpengaruh di akar rumput.

Berita selengkapnya bisa diakses di sini.

Artikel Selanjutnya
Media Asing Soroti Duet Anies-Cak Imin, Cara Tarik Suara NU?

(miqa/miqa)