Wamen BUMN Mengapresiasi Kesiapan PLN dengan Memantau Posko Siaga

by -77 Views

Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengekspresikan apresiasinya terhadap kesiapan PT PLN (Persero) dalam mengamankan pasokan listrik selama momen Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Hal ini disampaikan dalam kunjungannya ke Posko Siaga Pengamanan Suplai Kelistrikan Kantor PLN Pusat, dimana Tiko memastikan semua unit PLN siap menghadapi malam pergantian tahun.

“Dari sisi ketersediaan memadai sekali, sisi kapasitas terpasang juga sangat memadai. Transmisi dan seluruh jaringan distribusi sudah dilakukan pemeliharaan dan perbaikan. Sehingga diharapkan tidak ada gangguan berarti dan kita siap menyambut 2024,” kata Tiko.

Dia menegaskan infrastruktur kelistrikan menjadi salah satu penopang dalam memastikan layanan selama tahun baru berjalan dengan lancar. Peran sektor kelistrikan dinilai krusial dalam menopang sektor layanan lain. Selama masa siaga, PLN menyiagakan lebih dari 18 ribu pegawai dan lebih dari 63 ribu personel lapangan dan 1.853 posko yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam menyambut malam tahun baru 2024, kelistrikan nasional diprediksi dalam kondisi aman dengan beban puncak sebesar 35,9 Gigawatt (GW) dan daya mampu pasok sebesar 50,3 GW, sehingga cadangan daya dalam kondisi cukup. Selain mengamankan pasokan listrik di seluruh Indonesia pada masa Nataru Natal mulai dari 15 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024.