Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang Meraih Penghargaan Green Leadership sebagai Yang Terbaik di Indonesia

by -95 Views

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, Heru Triatmojo, mencapai prestasi membanggakan pada akhir tahun 2023. Ia dinobatkan sebagai Kepala DLH Kabupaten/Kota terbaik di Indonesia.

Penghargaan yang diterima oleh Kepala DLH Bontang adalah Green Leadership Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin di Birawa Assembly Hall, Lantai 1, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Rabu (20/12/2023).

Heru adalah satu-satunya Kepala DLH dari Kaltim yang menerima penghargaan ini. Ia meraih posisi pertama dengan poin 86,58. Ia berhasil mengungguli Kepala DLH Kabupaten Jombang yang berada di posisi kedua, dan Kepala DLH Kota Medan yang berada di posisi ketiga.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bontang dan seluruh pihak terkait yang telah mendukung program-program DLH Bontang. Semoga prestasi ini dapat meningkatkan kinerja kami agar semakin baik,” ucapnya.

Proses penilaian penghargaan dilakukan melalui beberapa tahapan, antara lain pengisian Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang terdiri dari Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), dan Indeks Kualitas Lahan (IKL), serta pengisian Indeks Respon yang terdiri dari Langit Biru, Kali Bersih, dan Indonesia Hijau. Pengisian dilakukan melalui situs web https://ppkl.menlhk.go.id/iklh.

Setelah dilakukan penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui pengisian tersebut, KLHK memilih 50 Besar. Kemudian semua peserta memaparkan capaian kinerja pengelolaan lingkungan hidup secara daring dengan Ditjen PPKL KLHK yang dilakukan pada Rabu (22/11/2023).

Dalam tahap pertama tersebut, Kepala DLH memaparkan capaian-capaian dan indikator terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Bontang beserta inovasi-inovasi yang sudah diciptakan, maupun program yang dilaksanakan oleh DLH Bontang.

Berdasarkan hasil pemaparan tersebut, Kepala DLH Bontang berhasil masuk dalam 10 besar. Selanjutnya, dilakukan pemaparan lebih lanjut di hadapan tim panelis pada Kamis (7/12/2023). Hasilnya, Heru meraih peringkat pertama di antara 10 besar tersebut. (*)