Peringatan! Status Gunung Raung Banyuwangi Naik ke Level 2 Waspadai

by -76 Views

Pada Selasa, 19 Desember 2023 pukul 08.00 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Api Raung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada).

Masyarakat dan pengunjung/wisatawan diimbau untuk tidak mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 kilometer (km). PVMBG akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Raung dan akan meninjau kembali jika terdapat perubahan visual dan kegempaan yang signifikan.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan bahwa hasil pemantauan visual dan kegempaan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas kegempaan. Gempa Hembusan yang signifikan terjadi pada 18 Desember 2023 sebanyak 57 kali kejadian. Selama Desember 2023 tidak terekam adanya Gempa Vulkanik Dalam, menunjukkan aktivitas fluida berada pada kedalaman relatif dangkal dengan sistem terbuka, didukung dengan terekamnya getaran Tremor Menerus selama periode ini.

Potensi bahaya Gunung Api Raung yang mungkin terjadi saat ini berupa akumulasi gas vulkanik konsentrasi tinggi di dasar kawah. Erupsi Gunung Api Raung dapat menghasilkan aliran piroklastik, jatuhan piroklastik, dan aliran lava andesitik sampai basaltik.

Masyarakat dan pengunjung/wisatawan diimbau untuk tidak mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km. Masyarakat diminta untuk mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, serta tidak terpancing oleh berita-berita yang tidak benar dan tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Api Raung, dan mengikuti arahan dari instansi yang berwenang, yakni Badan Geologi.

Artikel Selanjutnya
Penampakan Erupsi Gunung Marapi Sumbar, Kendaraan Penuh Abu

(wia)