Penggunaan Ember Wolbachia Akan Diperluas ke Dua Kecamatan di Bontang dalam Bulan Ini

by -81 Views

Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang berencana kembali menyebarkan ember telur nyamuk Wolbachia. Khususnya di dua kecamatan yakni Bontang Selatan dan Barat.

Plt Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Bontang, Nur Ilham menjelaskan saat ini petugas masih melakukan proses pendataan. Menyangkut titik yang akan ditempatkan ember wolbachia.

“Di bulan ini ember akan kembali disebar di dua kecamatan. Setelah sebelumnya sudah dilakukan di Bontang Utara,” sebutnya.

Khusus untuk Bontang Barat ada 1.226 ember sedangkan Bontang Selatan 1.805 ember. Alhasil 3.031 ember akan ditempatkan di dua kecamatan tersebut.

Jumlah ember tersedikit dari dua kecamatan itu ialah Berbas Pantai yakni 96 ember. Sementara jumlah terbanyak menyasar Belimbing yakni 696 ember.

“Tiap jarak satu titik ke lainnya radius 75 meter. Mengingat radius terbang nyamuk maksimal ialah 100 meter,” ungkapnya.

Terkait telur saat ini masih dipersiapkan Balai Vektor Salatiga. Nantinya pengiriman akan dilakukan. Telur akan menetas jika diberi air maupun pakan.

Sosialisasi juga gencar dilakukan. Jika sebelumnya hanya menyasar kelurahan, kali ini Diskes dan Puskemas turun langsung ke lapisan masyarakat.

“Jika ada yang meminta kami akan berikan penjelasan. Supaya mereka memahami terkait skema wolbachia ini dalam penanganan DBD,” terang dia.

Sebelumnya penyebaran ember di kecamatan Bontang Utara telah dilaksanakan beberapa bulan lalu. Terdapat 1.880 titik penempatan ember.

Jumlah telur terbanyak yang disebar di Kelurahan Gunung Elai. Angkanya mencapai 378 ember. Paling sedikit Kelurahan Bontang Baru dengan 254 ember. (*)