Pertarungan Politik: Ganjar vs Prabowo vs Anies

by -98 Views

Lembaga survei asal Australia Roy Morgan, telah merilis hasil survei tingkat keterpilihan calon presiden (capres) RI pada pemilihan umum (Pemilu) 2024, pekan lalu. Namun, survei tersebut dilakukan pada bulan September sebelum pendaftaran capres-cawapres ke KPU. Survei hanya meneliti elektabilitas capres tanpa cawapres.

Menurut hasil survei, elektabilitas Ganjar mencapai 38 persen, naik 10 persen sejak kuartal Maret 2023. Sementara Prabowo Subianto memiliki elektabilitas sebesar 30 persen, dan Anies Baswedan 25 persen. Meski begitu, hasil survei Roy Morgan tersebut berbeda dengan mayoritas lembaga riset di Indonesia.

Mayoritas lembaga riset Indonesia, yang melakukan survei pada akhir November hingga awal Desember, menyatakan bahwa elektabilitas tertinggi dimiliki oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di urutan kedua, sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi buncit dalam hal elektabilitas.

Survei terbaru Litbang Kompas bahkan menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar-Mahfud paling rendah, dan sudah disalip oleh pasangan Anies-Muhaimin.

Untuk berita selengkapnya, klik di sini. [CNN Indonesia]