Pertarungan Prabowo melawan Ganjar dan Anies

by -84 Views

Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden di Pulau Jawa. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 34,2%.

Survei ini dilaksanakan pada 28 November hingga 5 Desember 2023 di Pulau Jawa yang meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur. Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode penarikan sampel multistage random sampling. Terdapat 1.200 responden yang terlibat dalam survei ini dengan margin of error mencapai +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, menjelaskan alasan melakukan survei khusus di Pulau Jawa karena setengah pemilih di Pemilu 2024 berada di sana. Data KPU menunjukkan bahwa 56% pemilih ada di Pulau Jawa, dan pemilih orang Jawa juga tersebar di seluruh Indonesia.

Hasil survei ASI menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran meraih suara tertinggi di Pulau Jawa dengan elektabilitas 34,2%. Diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan elektabilitas 30,7% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,3%. Terdapat juga sebagian responden yang tidak mengetahui atau tidak menjawab pertanyaan, sebesar 8,7%. Sementara itu, survei juga menangkap temuan bahwa 48,6% responden tidak akan mengubah pilihannya terhadap pasangan capres-cawapres (strong voters), 44,0% masih dapat berubah (swing voters), dan 7,4% belum menentukan pilihan (undecided voters).

Survei ASI juga menjelaskan alasan pemilih di Pulau Jawa menentukan suara di Pilpres 2024. Faktor utama yang mempengaruhi keputusan para pemilih adalah program kerja dengan persentase 30,7%. Faktor lainnya adalah karakter jujur dan dapat dipercaya sebesar 19,5%, berpengalaman di pemerintahan 10,6%, kecerdasan 8,0%, dan kepedulian terhadap rakyat 7,9%.

Ali menilai bahwa temuan survei tersebut menunjukkan bahwa persaingan di Pulau Jawa masih terbuka lebar. Tidak ada pasangan capres-cawapres yang mendominasi di sana.

Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7083453/survei-asi-di-jawa-prabowo-gibran-34-2-ganjar-mahfud-30-7-amin-26-3