Sosialisasi Kebangsaan di Bontang oleh Kaharuddin Jafar, Didukung oleh Ratusan Masyarakat

by -118 Views

Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Kaharuddin Jafar mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ke-5 di Hotel Bintang Sintuk, Jalan Urea, Kecamatan Bontang Utara, Kamis (9/11/2023). Dalam acara tersebut, Kaharuddin Jafar mengundang dua pemateri ahli di bidangnya. Mereka adalah Samsudin Banna, mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bontang, dan Lettu Arh Yohanes Bay, Pasiter dan Pasi Intel Kodim 0908/BTG.

Kaharuddin Jafar menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi wasbang merupakan tanggung jawab seluruh anggota DPRD Kaltim. Dalam sambutannya, ia juga menyatakan bahwa sosialisasi ini akan dilakukan delapan kali, menyasar seluruh elemen masyarakat.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh ratusan warga Bontang dan peserta mendapatkan materi terkait empat konsensus kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD RI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Samsudin Banna dan Lettu Arh Yohanes Bay menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan perlu terus dipupuk agar menumbuhkan cinta terhadap tanah air, menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, mempertebal rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia, serta menjadi sarana persatuan.

Mereka juga mengingatkan bahwa keberagaman suku bangsa dan agama di Indonesia akan mudah dipecah belah jika masyarakat tidak memahami empat konsensus kebangsaan tersebut, terutama di tengah situasi politik yang sedang berlangsung di Indonesia.