Anies Bertarung Melawan Ganjar dan Prabowo

by -91 Views

Arus Utama Penelitian dan Konsultansi Indonesia (ARCI) telah merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur (Jatim) tentang elektabilitas pasangan calon presiden (bacapres) dan calon wakil presiden (bacawapres) yang sudah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hasilnya menunjukkan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas.

Menurut survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,1%. Kemudian diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 35,9%. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di angka 22,2%.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, menjelaskan faktor yang membuat Prabowo-Gibran unggul di Jatim. Salah satu faktornya adalah adanya migrasi pendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya memilih Ganjar Pranowo, namun beralih ke Prabowo karena adanya faktor Gibran.

Baihaki menyebut bahwa sebanyak 33,7% pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran, sedangkan 66,3% memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pemilih PDIP yang memilih pasangan Anies-Muhaimin.

Baihaki juga menyebut bahwa kehadiran Gibran membuat Prabowo mendapatkan dukungan dari loyalis Joko Widodo (Jokowi) di Jatim. Terlebih lagi, Jatim merupakan basis dukungan Jokowi selama dua kali Pemilihan Presiden pada tahun 2014 dan 2019.

Survei ARCI dilakukan pada tanggal 22-27 Oktober 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil lengkap elektabilitas bacapres-bacawapres di Jatim versi ARCI adalah sebagai berikut:
1. Prabowo-Gibran: 40,1%
2. Ganjar-Mahfud: 35,9%
3. Anies-Muhaimin: 22,2%
Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%

Sumber: CNBC Indonesia