Bandara IKN Akan Dimulai Pembangunannya, Jokowi: Beroperasi Juni 2024!

by -84 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa Bandara Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Utara akan beroperasi pada bulan Juli 2024 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Jokowi saat meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking Bandara Ibu Kota Nusantara pada tanggal 1 November 2023.

Dalam acara tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto.

Jokowi menjelaskan bahwa bandara ini direncanakan akan beroperasi penuh pada bulan Desember 2024, tetapi pada pertengahan tahun 2024 sudah bisa digunakan untuk mendukung kegiatan di IKN. Bandara ini seluas 347 hektar dan memiliki landasan pacu seluas 3.000 x 45 meter serta terminal seluas 7.350 meter. Dengan adanya bandara ini, konektivitas ke kawasan Ibu Kota Nusantara akan terbuka dan dapat melayani pesawat berbadan lebar.

Jokowi percaya bahwa Bandara Ibu Kota Nusantara ini akan meningkatkan daya saing IKN, mendorong pertumbuhan ekonomi, pengembangan potensi di daerah, dan mempercepat pembangunan IKN yang sedang berlangsung.

Presiden Jokowi groundbreaking Bandara IKN yang bisa operasional sejak Juli 2024″ Sumber: detik.com