Anies, Prabowo, dan Ganjar Beradu dalam Pertarungan Politik

by -91 Views

Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi (PUSAD) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) telah merilis hasil survei mengenai pemilih muda dalam Pemilihan Presiden 2024. Menurut hasil survei tersebut, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan tipis dari pasangan Ganjar-Mahfud MD.

Radius Setiyawan, peneliti utama PUSAD UMSurabaya, mengatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dalam survei pemilih muda, diikuti oleh pasangan Ganjar-Mahfud dengan selisih yang tidak signifikan (4%). Selain itu, 10% pemilih muda di Jawa Timur belum menentukan pilihan terkait Pilpres 2024.

Survei ini dilakukan terhadap populasi pemilih yang berusia 17 tahun hingga 40 tahun di Jawa Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan Multistage Random Sampling, di mana lokasi diambil dari seluruh kecamatan di Jawa Timur, yaitu 38 Kabupaten/Kota. Setiap Kabupaten/Kota diambil 4-5 kecamatan sebagai sampel penelitian. Sampel di setiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di masing-masing kecamatan dan kelurahan yang menjadi lokasi penelitian.

Tim peneliti mengambil sampel sebanyak 1.075 responden yang tersebar secara proporsional di 38 kabupaten/kota. Dalam penelitian ini, tingkat toleransi margin kesalahan (standart of error / d) sebesar 3% dan tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Proses wawancara dilakukan secara telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator.

PUSAD UMSurabaya berharap bahwa hasil survei mengenai elektabilitas anak muda di Jawa Timur dapat menjadi barometer dalam mengawal jalannya demokrasi yang lancar dan jujur di Indonesia.

Survei ini dilakukan oleh PUSAD pada periode 14-22 Oktober 2023, dan hasilnya dirilis secara terbuka di UMSurabaya dengan melibatkan sejumlah tokoh dan mahasiswa.