Bocorkan Isu Jokowi 3 Periode, 2 Tokoh PDIP Sampaikan Kabar Tersebut Kepada Gibran dan Prabowo

by -89 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Dua tokoh PDI Perjuangan (PDIP) membongkar skenario masa jabatan tiga periode untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dua tokoh tersebut adalah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Adian Napitupulu.

Menariknya, langkah ini diambil PDIP setelah Gibran Rakabuming Raka memilih Prabowo Subianto sebagai calon wakil presidennya.

Hasto mengakui bahwa isu tiga periode memang ada dan PDIP menolak hal tersebut. Dia mengatakan bahwa permintaan tiga periode itu datang langsung dari sejumlah petinggi partai.

“Jadi saya sendiri mengalaminya. Ketika saya sedang ziarah di Makam Bung Karno, Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big data, ada banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode,” kata Hasto setelah menghadiri deklarasi Yenny Wahid yang mendukung Ganjar-Mahfud di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (28/10/2023).

Hasto juga mengakui mendengar sejumlah ketua umum partai menyebut isu itu sebagai permintaan langsung dari Jokowi.

Sementara itu, Adian Napitupulu mengatakan keretakan hubungan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Jokowi dimulai dari isu presiden tiga periode.

Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Megawati dan PDIP diminta untuk mendukung rencana tersebut. Namun, mereka menolak. Menurut Adian, penolakan tersebut menjadi awal mula memburuknya hubungan Megawati dengan Jokowi.

“Kemudian ada pihak yang marah, ya terserah mereka. Yang jelas kita bertahan untuk menjaga konstitusi. Menjaga konstitusi adalah menjaga negara ini. Menjaga konstitusi adalah menjaga bangsa dan rakyat kita,” kata Adian dalam keterangannya, seperti yang dikutip Sabtu (28/10/2023).

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Pratikno Faldo Maldini, membantah bahwa hubungan antara Jokowi dan Megawati memburuk. Dia sempat bertanya apa dasar Adian dalam mengungkap hal tersebut.

“Kalau tidak ada bukti, bisa jadi itu fitnah. Kalau dari pihak kami, tersenyumlah saja. Mari kita saling menahan diri dan tidak memperkeruh situasi,” ucap Faldo.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Ganjar Lagi PDKT Cawapres, PDIP Terbuka Sebut Sosok Ini

(haa/haa)