Pertarungan Politik Antara Ganjar, Prabowo, dan Anies

by -100 Views

Lembaga Alvara Research Center baru-baru ini merilis hasil survei terkait elektabilitas bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. Dalam survei tersebut, dilakukan simulasi terhadap tiga pasangan calon, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Hasilnya, pasangan Ganjar-Mahfud berada di posisi teratas dan mengalahkan dua pasangan lainnya. Dalam survei tersebut, Ganjar-Mahfud mendapatkan 36,5 persen suara, sementara Prabowo-Gibran mendapatkan 30,1 persen suara, dan Anies-Muhaimin mendapatkan 19,4 persen suara. Sementara itu, 13,9 persen responden belum memutuskan pilihan mereka.

Peneliti senior Alvara Research Center, Lilik Purwandi, menjelaskan bahwa secara umum, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dibandingkan dengan dua pasangan lainnya. Namun, dinamika politik ke depan dapat mengubah klasemen elektabilitas.

Lilik juga menyebutkan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud cukup mendominasi di kalangan pemilih Generasi X dan Baby Boomer. Namun, terjadi persaingan yang ketat antara Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran di kalangan pemilih Generasi Z dan milenial.

Berdasarkan elektabilitas yang ada, Pilpres 2024 berpotensi dilakukan dalam dua putaran. Dalam putaran pertama, pasangan Anies-Muhaimin atau AMIN diprediksi akan kandas. Lilik menyebutkan bahwa semua pasangan masih memiliki peluang untuk meningkatkan elektabilitas mereka, tetapi pasangan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran diprediksi akan bersaing pada putaran kedua. Pasangan yang terpilih baru akan diketahui pada Juli 2024.

Survei ini dilakukan oleh Alvara Research Center pada periode 1-6 Oktober 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka. Survei ini melibatkan 1.517 responden berusia 17 tahun ke atas yang diambil dari seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,52 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: [Survei Alvara: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Paling Tinggi 36,5%](https://news.detik.com/pemilu/d-7000114/survei-alvara-elektabilitas-ganjar-mahfud-paling-tinggi-36-5)